Kuliah Kelas Karyawan Dan Kelas Sore Universitas Semarang (USM)

Universitas Semarang atau sering juga dikenal dengan nama singkatan USM adalah salah satu universitas swasta di Semarang yang namanya mulai terkenal. Universitas Semarang berada di jalur Jalan Ateri Soekarno-Hatta. Salah satu universitas di Semarang ini membuka berbagai program studi yang umum untuk semua kalangan. Salah satu yang menjadi sorotan dalam ulasan artikel ini adalah keberadaan program studi yang memang didesain untuk para karyawan atau pegawai yang ingin melanjutkan pendidikannya di samping kesibukan bekerja. Program ini disiapkan oleh Universitas Semarang dalam bentuk Program Kuliah Kelas Karyawan dan Program Kuliah Kelas Reguler Sore. Tentunya selain program tersebut ada program terpenting yaitu Program Kuliah Kelas Reguler Pagi. Tapi yang akan saya ulas kali ini hanya pada bagian Kuliah Kelas Karyawan dan Kuliah Kelas Reguler Sore.

Program kuliah kelas karyawan ada juga yang menyebut kuliah weekend disiapkan oleh Universitas Semarang untuk para kalangan pegawai/karyawan yang inign melanjutkan kuliah sambil kerja. Ada beberapa program studi yang dapat diambil dalam program kuliah kelas karyawan/weekend ini dari masing-masing fakultas, diantaranya: S1-Ilmu Hukum, S1-Manajemen, S1-Akuntansi, DIII-Manajemen Perusahaan, dan lain-lain.
Kuliah Kelas Karyawan Dan Kelas Sore Universitas Semarang (USM)

Biaya kuliah karyawan di USM sangatlah terjangkau dan sistem perkuliahan adalah paket. Jadi mahasiswa akan lebih mudah dalam mengurus pembayaran karena tidak terbagi menjadi aneka macam pembayaran yang terpisah, melainkan pembayaran paket saja. Dan mudahnya lagi, mahasiswa dapat memilih dua metode pembayaran, yaitu bayar langsung semua atau bayar secara angsuran per bulan. Kuliah karyawan di USM berlangsung di hari Sabtu dan hari Minggu menurut jadwal masing-masing fakultas. Jadi kuliah kelas karyawan ini dapat dilakukan oleh para pegawai/karyawan perusahaan tanpa harus mengganggu jam kerja mereka.

Sedangkan untuk kuliah kelas reguler sore memiliki konsep yang sedikit berbeda dari kelas karyawan. Kelas reguler sore memiliki sistem kuliah seperti reguler pagi. Hanya saja waktu pelaksanaannya yang berbeda, kuliah reguler sore USM dimulai dari jam 17.00 WIB (jam 5 sore) sampai dengan selesai (sesuai jadwal kelas masing-masing) dan berlangsung dari hari Senin s.d. Jum'at (Sabtu/Minggu jika ada tambahan). Kuliah kelas reguler sore USM sangat cocok bagi pegawai dan karyawan yang kerjanya hanya di waktu siang hari.

Sistem pembayaran kelas reluger sore USM juga sama dengan sistem pembayaran kels karyawan. Untuk program studi yang dapat diambil oleh kuliah kelas reguler sore USM lebih bervariatif, diantaranya: Semua program studi S1 Fakultas TIK, Semua program studi S1 Fakultas Ekonomi, dan lain-lain.

Sistem yang menarik bukan untuk melanjutkan pendidikan kuliah Anda sambil bekerja. Mudah dan tidak mengganggu pekerjaan. Jadi jika Anda tertarik untuk kuliah reguler sore maupun kulian kelas karyawan di USM, silahkan datang langsung ke kampus Universitas Semarang di Jalan Arteri Soekarno-Hatta Semarang. Informasi lebihi lanjut dapat dilihat di website resmi Universitas Semarang di usm.ac.id.

40 comments:

  1. Tanya ?. Untuk kuliah kelas reguler sore, apa pnya kesempatan biasiswa,,?? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk peluang beasiswa ada beberapa yang bisa diikuti oleh kelas reguler sore, contohnya adalah beasiswa kurang mampu dan beasiswa PKM Dikti.

      Delete
  2. Penerimaan Mahasiswa Baru Program Kelas Karyawan dan Kelas Reguler Tahun Akademik 2015-2016

    Informasi lengkap tentang Kelas Karyawan - Reguler serta Pendaftaran Semester Ganjil Tahun 2015/2016
    Untuk lulusan SMA/SMK/MA, D3/Politeknik/Akademi, D1, D2, Sarjana (S1), dsb-nya.
    Melanjutkan ke Program Diploma (D3), Sarjana (S1) atauMagister (S2) atau Pindah Jurusan.

    Penyelenggaraan Program Kelas Karyawan dan Reguler di Kampus Terkemuka dan Terakreditasi. Tempat Kuliah di masing-masing Kampus PTS terkait

    Program ini diselenggarakan masing-masing PTS untuk melaksanakan KOMITMEN SOSIAL, dengan memberi kesempatan kepada seluruh masyarakat, baik yg memiliki waktu luang terbatas maupun dana terbatas untuk melanjutkan pendidikannya ke Program Sarjana (S1) atau Magister (S2) atau Program Diploma Tiga (D-III) secara layak dan bermutu. Kualitas pendidikannya sama dengan reguler.

    Mahasiswa dan lulusannya mempunyai hak dan gelar yang sama dengan program reguler, serta mempunyai hak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

    TIDAK ADA UJIAN NEGARA, sama dengan PTN.

    Persyaratan Calon Mahasiswa:

    1. Melanjutkan ke Program Sarjana (S1)
    - Lulusan D3, Politeknik, Akademi, atau sederajat dari berbagai jurusan.
    - Lulusan SMA, SMU, SMK, MA, Paket C atau sederajat.
    - Lulusan D2, D1, atau lulusan S1 mengambil jurusan berbeda, atau mahasiswa pindahan dari PTN/PTS.

    2. Melanjutkan ke Program Pascasarjana (S2)
    - Lulusan Sarjana (S1)/sederajat dari berbagai jurusan.

    LAYANAN INFORMASI :

    Telp : 08111104824, 08111104825, 08111104826, 08111104827.
    HP/SMS : 0812 9526 2009, 0815 14578119, 0815 9655695
    FB : http://www.facebook.com/perkuliahan.karyawan
    Follow on Twitter @kuliahkaryawan
    Pin BB : 2B9D5E85, 2B444609, 29E9E651
    Website : http://kuliah-karyawan.com http://p2k.co.id http://reguler.co.id http://infoptsterbaik.com

    ReplyDelete
  3. Permisi. Min, saya mau tanya. Kelas karyawan jurusan Dlll manajemen kan biayany 2.760 per semester. Itu sudah termasuk spp, uang gedung, praktek, sama ujian apa blm. Kalo belom kira2 biaya bersih per semester brp?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pengaturan berbeda untuk kelas reguler pagi dan reguler sore. Kalo reguler pagi sistem pembayaran sama seperti universitas lain yang dipilah-pilah. Tetapi untuk reguler sore sistem pembayaran bersifat paket. Jadi pembayaran yang dilakukan sudah termasuk biaya kuliah per semester dan uang gedung, uang praktik, dan beberapa menurut aturan dari sana. Tetapi untuk biaya seperti Tugas Akhir, KP, dan lain-lain belum termasuk.

      Delete
  4. Mau tanya,
    Kalau kuliah weekend itu , jenjang kuliahnya berapa tahun, dan prosedur biayanya bagaimana
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jenjang pendidikan sih sama, normal 4 tahun. Untuk biayanya sedikit informasi sistem paketan. Tetapi untuk lebih jelasnya mengenai biaya bisa ditanyakan langsung saat mendaftar.

      Delete
  5. Minta info pendaftaran kelas karyawan dong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pendaftaran kelas karyawan di USM dibuka 2 kali dalam setahun. Dan untuk waktunya bisa kapan saja, tetapi untuk perkuliahan aktif per awal semesternya. Biasanya bulan maret dan bulan september itu awal perkuliahan. Dan untuk kepengurusan pendaftaran dapat sebelum bulan bulan tersebut.

      Delete
  6. Maaf ... saya ingin bertanya. Di sana bisa menerima mahasiswi pindahan tidak ?sebab saya kuliah dijakarta kelas karyawan semester3 namun saya ingin pindah ke usm dengan kejurusan yg sama n melanjutkan semeater saya.. bisa tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas... tapi nanti melalui beberapa prosedur, salah satunya adalah konversi SKS yang telah ditempuh dari universitas asal ke universitas baru (USM). Dan bisa dimungkinkan ada syarat yang lainnya. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi USM Information Center : Gedung USM Information Center
      Jalan Soekarno-Hatta Semarang 50196
      Telp. (024) 670-2757

      Delete
  7. Admin..apakah saat ini kuliah kelas sore jurusan hukum masih membuka pendaftaran mahasiswa baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pendaftaran mahasiswa baru dibuka terus. Untuk informasi mengenai persyaratan dan lain-lain dapat menghubungi USM Information Center : Gedung USM Information Center
      Jalan Soekarno-Hatta Semarang 50196
      Telp. (024) 670-2757

      Delete
  8. kak, klau mau daftar PSPB yg peringkat 1-10 di klas XII itu gmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk cara pendaftarannya sama dek... Datang langsung aja ke kampus USM....

      Delete
  9. Mau tanya berarti kelas karyawan itu sabtu minggu ya ? Terus itu malemnya sampe jam berapa biasanya. Soalnya takut kalo kemaleman sama begal. Haha, Rumahnya banyumanik sih lumayan jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kelas karyawan itu Sabtu Minggu. Untuk reguler sore biasanya relatif, rata-rata sampai jam 9 malam, mulai jam 5 sore...

      Delete
  10. Mau tanya min, kalau mau ambil kelas karyawan cuma dihari minggu aja bisa nggak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo seperti itu kemungkinan besar tidak bisa. Karena kelas karyawannya itu terjadwal hari Sabtu dan Minggu, dengan adanya mata kuliah yang terjadwal di dua hari tersebut.

      Delete
  11. Apakah USM membuka kelas karyawan utk jurusan SI atau TI? jk iya, apakah pendaftaran sdh di tutup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Program studi SI dan TI, atau lebih lengkapnya program studi di Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang tidak membuka kelas karyawan (kelas Sabtu dan Minggu). Akan tetapi semua program studi dan semua fakultas di USM membuka Kelas Reguler Sore, dimana mayoritas mahasiswanya adalah pegawai. Jadi untuk SI dan TI kami sarankan untuk mengikuti program Reguler Sore tersebut, watunya hari Senin s.d. Jum'at (kadang Sabtu dan Minggu ada tambahan), untuk jam nya mulai pukul 17.00 WIB sampai dengan selesai (biasanya jam 21.00 WIB sudah selesai).

      Delete
  12. maaf min,.klo utk kuliah sabtu minggu tu jam kuliahnya tetep apa ada prubahan?soalnya biar bisa ngatur sama jadwal kerja yg aistem shift

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jam kuliahnya tetap selama tidak ada penggantian dan penambahan jadwal mata kuliah.

      Delete
  13. Maaf min mau tanya bila ikut kelas sore senin sd jumat .bisa pindah ke kelas pagi ? Dan kalau pindah itu semester berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari kelas sore tidak bias pindah kelas pagi. Tapi kalo dari kelas pagi bias pindah ke kelas sore. Untuk semester tetap, konversi SKS juga tetap asalkan dari dan ke program studi yang sama.

      Delete
  14. apakah bisa min kelas karyawan pindah ke kelas sore?kalo bisa syaratnya apa saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Tetapi sistemnya konversi SKS. Bisa dating langsung ke pihak pengelola program studi masing-masing untuk informasi lebih lanjut terkait perpindahan ini.

      Delete
  15. Kak mau tanya kalo sekolah sabtu minggu untuk jurusan management itu syarat pedaftaran nya apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syarat pendaftarannya umum saja jika berasal dari SMA/SMK dan sederajat, yaitu: FC ijazah dan Danem terakhir, akta kelahiran, foto 3x4 dan 4x6, biaya administrasi dan lain-lain. Tapi untuk mahasiswa transfer, missal dari D3 mau lanjut S1 di situ harus melampirkan transkrip nilai dan nanti ada perhitungan konversi SKS nya.

      Delete
  16. Saya mau tanya , kalau karyawan yang kerjanya sift bagaimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo itu mohon disesuaikan situasi kerja dengan jadwal kuliahnya. Karena jadwal kuliah tidak bias menyesuaikan shift kerja dari mahasiswanya.

      Delete
  17. Min mau tanya kalau kelas karyawan Sabtu Minggu buat teknik elektro ada gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk fakultas Teknik dan FTIK tidak ada kelas Weekend, adanya kelas regular sored an regular pagi untuk semua program studi.

      Delete
  18. Pak mau tanya, apa diperbolehkan jika kuliah ambil kelas reguler sore tapi tidak bekerja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh-boleh saja, bebas kok asal-usul mahasiswanya.

      Delete
  19. Jurusan apa saja yang dibuka untuk kelas weekend?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Psikologi. Mungkin kedepannya ada bertambah.

      Delete
  20. Kak kalo misalkan udah daftar ambil kelas reguler sore terus mau pindah ke kelas karyawan bisa nggak ya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, asalkan fakultas tersebut membuka kelas karyawan yang weekend.

      Delete

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
3. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
4. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon