Fakultas Kedokteran UGM Punya 3 Program Sarjana Unggulan

Fakultas Kedokteran UGM Punya 3 Program Sarjana Unggulan - UGM atau Universitas Gadjah Mada Yogyakarta merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia dan di dunia. Universitas ini mengelola banyak sekali fakultas yang diidolakan oleh calon mahasiswa, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Salah satu fakultas yang menjadi andalan dari UGM adalah Fakultas Kedokteran UGM. Pasalnya tidak sedikit lulusan SMA dari seluruh Indonesia bahkan luar negeri ingin melanjutkan studi mereka di fakultas ini. Dan tidak hanya itu, Fakultas Kedokteran UGM merupakan fakultas kedokterean tertua yang berdiri di Indonesia. Fakultas kedokteran ini berdiri pada tanggal 5 Maret 1946, selang setahun setelah Indonesia merdeka.
Fakultas Kedokteran UGM

Program Sarjana di Fakultas Kedokteran UGM

Selayaknya sebuah fakultas di universitas, sudah barang tentu akan mengelola banyak program pendidikan. Demikian juga dengan Fakultas Kedokteran UGM yang mengelola setidaknya 2 program pendidikan, yaitu program sarjana dan program pasca sarjana. Dan pada kesempatan kali ini kami menghimpun informasi mengenai program sarjana yang ada di Fakultas Kedokteran UGM.

Program sarjana Fakultas Kedokteran UGM memiliki beberapa program studi menurut disiplin ilmu. Setidaknya ada 3 program studi dari program sarjana fakultas kedokteran UGM, yaitu:
  • Program Studi Pendidikan Dokter
  • Program Studi Ilmu Keperawatan
  • Program Studi Gizi dan Kesehatan
Informais lengkapnya dapat kalian simak di bawah ini.

Program Studi S1 Pendidikan Dokter

Program studi S1 pendidikan dokter menerapkan kurikulum terintegrasi dalam 21 blok dengan strategi pembelajaran PBL. Terdapat 3 tahap perkuliahan yang harus diikuti oleh peserta didik, yaitu:
  • Program Pendidikan Sarjana (PPS) : Lama studi 3,5 tahun, beban SKS sebanyak 156 SKS (sudah termasuk skripsi), gelar yang diperoleh adalah Sarjana Kedokteran (S.Ked).
  • Program Kepaniteraan Klinik (PKK) : Setelah lulus program pendidikan sarjana, lama studi 2 tahun, beban SKS sebanyak 35 SKS, lulus dengan gelar dokter (dr.).
  • Program Internship : Program yang memberikan kesempatan pada lulusan dokter muda untuk praktik langsung di puskesmas atau rumah sakit tipe C atau D.

Program Studi Ilmu Keperawatan

Program studi ilmu keperawatan FK UGM meliputi 2 program pendidikan, yaitu program pendidikan akademik untuk mendapatkan gelar sarjana keperawatan dan program pendidikan profesi untuk mendapatkan gelar perawat/ners. Tahap perkuliahan terbagi atas program pendidikan keperawatan dan program pendidikan profesi. Lama studi 11 semester terbagi menjadi 8 semester untuk program pendidikan keperawatan dan 3 semester untuk program pendidikan profesi. Beban studi sebanyak 147 SKS untuk mendapatkan gelar sarjana keperawatan dan profesi (S.Kep. / Ners).

Program Studi Gizi dan Kesehatan

Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan sarjana gizi kesehatan yang berkompeten dibidangnya. Tahap perkulihan program studi ini selama 10 semeter (5 tahun) yang terbagi antara 8 semester (4 tahun) perkuliahan dan 2 semester (1 tahun) profesi. Beban studi yang harus diselesaikan sebanyak 151 SKS. Dan lulusan akan mendapatkan gelas Sarjana Gizi (S. Gz) atau Registered Dietitian (RD).

Fakultas kedokteran UGM senantiasa meningkatkan kualitas pendidikan kedokteran di universitas ini. Beberapa pengembangan, terutama kurikulum terus dilakukan guna mendekati kualitas pendidikan kedokteran yang terbaik di dunia. Tidak salah jika FK UGM menjadi favorit para lulusan untuk melanjutkan ke jenjang kuliah.

Demikian ulasan sedikit mengenai Fakultas Kedokteran UGM Punya 3 Program Sarjana Unggulan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi fakultas kedokteran terbaik di Indonesia.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
3. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
4. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon